Senin, 18 Juli 2011

Langkah Awal Memulai Berjualan Online

Berjualan online pada dasarnya adalah berjualan suatu produk melalui fasilitas internet/ online, produk yang dijual bisa berbentuk produk fisik (tangible) seperti pakaian, buku, alat elektronik, furnitur, dll. atau produk non fisik (intangible) seperti ebook, audio/ video tutorial, dll.
Berjualan secara online sebenarnya sudah lama dilakukan oleh mereka yang menekuni bidang internet marketing dan bisnis online yang memasarkan produk-produk fisik dan non fisik melalui bisnis affiliate marketing.
Di era internet sekarang ini, berjualan secara online sudah menjadi pilihan sebagian masyarakat pebisnis di Indonesia, tidak bisa dipungkiri jualan online atau disebut juga berjualan lewat internet, mempunyai beberapa kelebihan dibanding dengan berjualan secara konvensional, kelebihan yang paling menonjol adalah tidak dibutuhkannya modal yang terlalu besar karena ada beberapa bagian sistem yang bisa dihilangkan atau dikurangi.
Ada beberapa jenis sarana untuk untuk membantu berjualan secara online, antara lain ada yang berbasis web seperti toko online, dan ada juga yang berbasis blog seperti multiply.com dan wordpress.org. Apapun sarana yang anda pilih untuk berjualan online, yang terpenting adalah kedua model sarana tersebut harus mempunyai sistem penjualan dan mudah dioperasikan untuk melakukan transaksi penjualan, sehingga bagi anda mudah mengelolanya begitu juga bagi pembeli mudah juga dalam melakukan transaksi pembelian.
Bagi anda yang berniat dan tertarik untuk berjualan secara online, khususnya yang akan menjual produk berbentuk fisik melalui toko online seperti amazon, bhineka.com, tokobagus.com ataupun menjual produk non fisik melalui affiliate marketing seperti clickbank, click2shell, dll, Panduan ini mungkin berguna bagi anda yang ingin mengetahui bagaimana cara memulai berjualan online melalui blog ataupun toko online.
Riset dan Test Produk
1. Meriset Produk
Sebelum anda berjualan online, lakukanlah riset produk terlebih dahulu, tujuan riset adalah untuk mengetahui produk apa saja yang sering dicari di internet, hal ini untuk menghindari kesalahan dimana produk yang anda jual di internet ternyata tidak ada pencarinya (tidak ada pasarnya), jadi pastikan anda melakukan riset dengan teliti karena jika anda lakukan dengan asal-asalan maka langkah berikutnya akan sia-sia.
Gunakan search engine google www.google.co.id atau www.google.com untuk alat riset sederhana, ketikan kata kunci produk yang akan anda target dan lihat turunannya, seperti gambar berikut.

Cara penggunaannya cukup sederhana, bila anda memasukan sebuah kata kunci misalnya “baju”, maka akan keluar kata kunci turunan di bawahnya, hal ini berarti kata kunci yang ada dibawahnya adalah kata kunci yang ada pencarinya, untuk itu anda bisa ambil untuk dilakukan riset dan test.
Alternatif lain adalah dengan menggunakan keyword tool seperti di https://adwords.google.com/select/KeywordToolExternal
2. Menseleksi Produk
Dari beberapa produk hasil riset yang telah anda lakukan pada langkah no.1, cari dan pilih beberapa produk yang paling anda ketahui, anda sukai dan anda minati, sesuai dengan hobi dan ketertarikan anda kepada produk tersebut. Misalnya jika anda suka bidang otomotif jangan anda menjual parfum di toko online anda, disamping anda tidak tahu masalah parfum anda juga tidak akan bisa mensupport customer anda nanti yang akan berkonsultasi masalah parfum, bisa-bisa pelanggan anda akan kabur karena anda salah dalam menjelaskan produk. Jadi buatlah daftar riset produk terlebih dulu dan pilih beberapa produk yang paling anda minati untuk di lakukan test pada langkah selanjutnya.
3. Lakukan Test Produk
Setelah anda melakukan riset dan memilih beberapa jenis produk yang akan anda pasarkan, langkah selanjutnya adalah melakukan test. Kenapa dilakukan test? Hal ini berguna untuk memastikan produk-produk dan jenis produk mana saja yang banyak dan sering dicari. Karena tidak semua kata kunci yang ada pencarinya pada saat dilakukan riset itu benar-benar dicari juga produknya. Contohnya, anda mengetikan kata kunci “batik” di google, akan keluar kata kunci turunan lain misalnya “batik keris”, lalu anda langsung saja berniat memasarkan batik keris tersebut di internet, padahal belum tentu demikian, bisa saja kata kunci tersebut banyak pencarinya karena ada kebutuhan yang mencari informasi tentang batik keris dan bukan mencari produk batik keris nya.
Bagaimana cara melakukan testing?
Pasang promosi di beberapa situs, mulailah dengan situs yang gratis terlebih dulu, Anda bisa membuat blog gratis di Blogspot, Wordpress atau Multiply. Posting beberapa topik produk yang telah anda riset pada langkah sebelumnya. Berikan keterangan produk, gambar, dan harga produk jika ada, juga alamat kontak email dan nomor telepon yang bisa dihubungi.
Anda juga bisa melakukan promosi dibeberapa situs gratis lain seperti dinomarket.com, tokobagus.com, indonetwork.co.id dan Facebook. Situs-situs tersebut adalah situs yang mempunyai trafik yang sangat tinggi, sehingga diharapkan apabila anda melakukan test disana maka produk anda akan bisa cepat diketahui dan dikenal baik oleh pengunjung situs tersebut maupun oleh search engine sesuai dengan kata kunci produk yang anda target.
Saya mempunyai pengalaman sewaktu mencoba melakukan test produk untuk memasarkan produk telekomunikasi, yaitu dengan memasang promosi gratis di indonetwork.co.id. Saya waktu itu membuat sebuah website gratis disana dengan memasukan beberapa produk lengkap dengan nama produk, keterangan produk dan gambarnya, juga saya masukan kata kunci hasil riset pada keterangan produknya supaya website saya bisa cepat dikenal search engine google, dan juga saya cantumkan alamat kontak baik nomor HP, email, mesenger, sms, dll, pokoknya apa saja alamat kontak saya yang bisa dihubungi.
Hasilnya, kurang dari seminggu setelah pasang website, banyak yang mengontak saya melalui email, YM, HP, untuk menanyakan produk yang saya pasang, dari mulai yang menanyakan harga sampai spesifikasi produk, padahal saya tidak mempunyai stok barang waktu itu.
Dari hasil testing tersebut membuktikan bahwa produk telekomunikasi yang saya promosikan ada pasarnya di internet dan bisa saya jual melalui internet (jualan online).
Jadi langkah meriset dan test produk merupakan bagian yang terpenting sebelum anda terjun pada langkah berikutnya yaitu membuat website penjualan atau membangun toko online, dari hasil riset dan test tersebut anda bisa mengetahui produk-produk apa saja yang banyak dicari orang diinternet, sehingga selanjutnya anda bisa mulai menyediakan stok barang sesuai dengan kebutuhan dan permintaan pasar saja.

4. Menentukan Jenis Transaksi Pembayaran
Setelah langkah-langkah awal diatas sudah anda lakukan, selanjutnya anda harus menentukan jenis transaksi pembayaran apa yang nanti akan dipakai di toko online yang akan anda bangun tersebut. Untuk pasar lokal saya sarankan menggunakan transfer bank supaya lebih efisien, pilih beberapa bank yang terkenal yang mempunyai banyak cabang dan juga yang mempunyai fasilitas yang mendukung, seperti sms banking atau internet banking.
Perlu diketahui bahwa yang namanya penjualan online pasti pembelinya-pun melakukan pembelian secara online, untuk pembayarannya bisa dilakukan secara online melalui internet atau sms banking, atau bisa juga transfer melalui mesin ATM. Untuk anda sebagai pengelolanya usahakan jangan mempersulit calon pembeli dengan mengharuskan melakukan konfirmasi pembayaran dengan cara yang berbelit seperti harus mengirim struk transfer melalui fax, melakukan scan tanda transfer yang selanjutnya dikirim lewat email, jauhkan hal-hal seperti itu, buatlah calon pembeli nyaman dan mudah dalam melakukan pembayaran maupun konfirmasi pembayarannya, cukup melakukan konfirmasi pembayaran melalui sms ataupun email dan anda bisa memonitornya melalui fasilitas tersebut juga, lebih cepat, efisien dan pasti aman.
Bagi Anda yang serius akan memulai menjual produk fisik secara online, Saya rekomendasikan untuk belajar penjualan produk secara khusus. Anda bisa belajar di www.StrategiPenjualanProduk.com, disini Anda akan mendapatkan informasi strategi bagaimana menghasilkan profit dari penjualan produk fisik melalui toko online